Senin, 10 November 2014

ISD : Faktor-faktor Pertumbuhan Penduduk

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah :

1. Kelahiran (Fertilitas)

Kelahiran merupakan faktor alami yang ada dalam kehidupan. Kelahiran adalah bertambahnya jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah.

2. Kematian (Mortalitas)

Kematian merupakan faktor alami yang dialami oleh seluruh umat manusia. Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen baik dikarenakan faktor umur, ataupun orang yang direnggut hak hidupnya.

3. Perpindahan (Migrasi)

Migrasi merupakan faktor non-alami yang dibuat oleh pemerintah setempat. Faktor terakhir yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan penduduk suatu daerah adalah Perpindahan (Migrasi) atau Mobilitas Penduduk yang artinya proses gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dalam jangka waktu tertentu.

Beardasarkan faktor-faktor pertumbuhan penduduk diatas dapat disimpulkan, bahwa ketiga faktor tersebut merupakan pengaruh terbesar akan permasalahan pertumbuhan penduduk. Karena jika tingkat kelahiran (fertilitas) tinggi dan kematian (mortalitas) rendah berarti pertambahan penduduk tidak akan membludak, bahkan wilayah tersebut berpotensi akan menjadi wilayah kumuh. Sedangkan dengan adanya migrasi, pemerintah bisa mengontrol perkembangan pertumbuhan penduduk pada wilayah tersebut. Dengan begitu antara tingkat kelahiran dan kematian bisa terjadi keseimbangan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar