Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas Ilmu Sosial Dasar



                                                        Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM

                Figure yang saya sedang kagumi saat ini adalah Bapak Ir. Basuki Tjahja Purnama atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai bapak “Ahok”. Seorang laki-laki kelahiran Belitung, 29 Juni 1966.
                Alasan kenapa saya sangat mengangumi beliau yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta adalah beliau mempunyai karakter yang cukup khas yaitu ketegasannya dalam menghadapi masalah-masalah yang saat ini sedang merundung kota Jakarta. Dimulai dari menghadapi masalah kemacetan yang sudah menjadi teman akrab kota Jakarta selama puluhan tahun mungkin, saya pribadi belum tahu pasti karena saya baru merasakan hiruk pikuk kota Jakarta 3 tahun belakangan ini.
                Walaupun saya akui masalah kemacetan ini belum ada perubahan berarti tapi saat ini setidaknya sudah mulai terlihat pembangungan proyek MRT (Mass Rapid Transit) yang dicanangkan oleh beliau beberapa tahun lalu bersama bapak Ir. H. Joko Widodo untuk mengurangi  atau bahkan menghilangkan kemacetan itu.
                Lalu hal lain yang membuat saya semakin mengaguminya adalah keberaniannya dengan cara beliau mengahadapi para PNS yang sebagian besar terkenal dengan tingkat kemalasan yang tinggi dan juga yang suka melakukan PUNGLI atau Pungutan Liar seperti yang sering terjadi di tingkat kelurahan misalnya, beliau dengan gagah beraninya menegur para PNS tersebut tidak peduli apakah itu walikota atau hanya sekedar pegawai biasa, baginya “dia (para PNS) sudah berjanji untuk mengabdi untuk Negara dan sudah di gaji harusnya mereka bisa bertanggung jawab dengan amanat yang sudah di berikan” sangat mengagumkan sekali, jarang ada pemimpin yang mau atau bahkan peduli dengan kinerja para PNS itu.
                Kemudian beliau juga membuat system administrasi kota Jakarta dengan “TRANSPARAN”, baru kali ini rasanya ada pejabat yang berani melakukan hal ini. Transparansi itu beliau buat semata-mata agar masyarakat tahu kemana seluruh anggaran itu dialokasikan dan juga untuk meminimalisir atau bahkan membasmi korupsi dari pemerintahan provinsi kota Jakarta.
                Dan yang paling mengagumkan menurut saya adalah cara beliau menata kembali kota Jakarta yang sudah padat penduduk bahkan sudah kumuh karena urabnisasi yang belum dapat terkontrol. Beliau membangun Rusun untuk para masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar bisa hidup lebih layak. Walaupun tidak 100% masyarakat setuju karena kabarnya uang ganti yang di peroleh tidak seberapa, tapi jika dilihat dari sisi lain harusnya masyarakat yang sebagian besar penduduk berprofesi sebagai pemulung atau pedagang kaki lima yang penghasilannya tidak tetap itu berterima kasih atas kebijakan beliau karena dengan adanya rusun tersebut mereka tidak perlu rapot-repot mencari atau bahkan membeli air bersih untuk di konsumsi dan MCK, mereka bisa tidur tenang tanpa harus khawatir banjir tiba-tiba datang saat curah hujan sedang tinggi. Bahkan saat ini tempat yang dahulunya pemukiman kumuh itu sudah di sulap menjadi taman yang bagus sehingga masyarakat dapat bersantai-santai dan menikmati suasana sekitar.
                Betapa hebatnya beliau ini tak heran saat ini banyak para pejabat yang mencoba menjadi “follower” ketegasan dan keberanian beliau.  Masih banyak hal yang saya kagumi dari beliau yang belum dapat saya jelaskan seluruhnya. Semoga saja semakin banyak pejabat yang berlaku seperti beliau ini di Indonesia.

Berikut akan saya jelaskan sedikitnya hal yang saya ketahui tentang Ilmu Sosial Dasar

                Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam bersosialisasi antar sesama manusia karena pada dasarnya sosialisasi bagaikan bernafas yang dimana jika manusia tidak bernafas maka dia akan mati. Begitupun dengan sosialisasi manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa sosialisasi, ilmu sosial dasar juga mengajari kita bagaimana cara kita ber-attitude dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh saya yang seorang remaja dewasa juga harus memiliki attitude yang bagus, baik itu dalam berhadapan dengan teman sebaya, orang yang lebih tua juga didepan masyarakat luas.
                Tapi Ilmu Sosial Dasar tidak hanya mencakup tentang sosialisasi dan attitude, dalam Ilmu sosial dasar kita juga mempelajari tentang hal-hal politik, ekonomi juga psikologi. Kita dituntut untuk menjadi orang yang kritis dalam menghadapi hal atau masalah dalam kehidupan, baik kehidupan sehari-hari atau kehidupan politik yang terjadi di negeri ini. Bukan hanya menjadi pribadi yang asal menelan mentah-mentah sebuah informasi atau perintah. Contohnya kita diajarkan untuk berani dalam menghadapi orang-orang banyak, berani mengungkapkan aspirasi, ide atau bahkan komentar pro atau kontra agar terjadi keselarasan atau setidaknya menemukan pemikiran yang sama.
                Ilmu Sosial Dasar juga mengajarkan kita untuk peka terhadap masalah-masalah sosial dalam masyarakat bahkan negeri ini dan mengajarkan kita tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Dari hal-hal diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi atau berhubungan dengan satu sama lain. Sebagai mahkluk sosial, berkomunikasi atau berhubungan antar sesama haruslah terjalin dengan harmonis agar tercipta manusia yang peduli terhadap sesama.
                Itulah figure yang saya kagumi dan beberapa hal yang saya ketahui tentang Ilmu Sosial Dasar saat pembelajaran pertama sabtu lalu.





Dibuat Oleh    :
            Nama  : ERLINA WIDIYA
            NPM    : 1D114001
            Kelas    : 1KA25
            Tugas   : Ilmu Sosial Dasar
 

UNIVERSITAS GUNADARMA
Share:

0 komentar:

Posting Komentar