Rabu, 17 Februari 2010

Server Blade




IBM server blade HS20. Two bays for 2.5" (6.4 cm) SCSI hard drives appear in the upper left area of the image. Dua teluk selama 2,5 "(6,4 cm) SCSI hard drive muncul di kiri atas bidang gambar.

Sebuah server blade adalah dipreteli komputer server dengan desain modular dioptimalkan untuk meminimalkan penggunaan ruang fisik. Sedangkan standar rack-mount server dapat berfungsi dengan (minimal) sebuah kabel listrik dan kabel jaringan, server blade memiliki banyak komponen dihilangkan untuk menghemat ruang, meminimalkan konsumsi daya dan pertimbangan-pertimbangan lain, sementara masih memiliki semua komponen fungsional untuk dianggap sebagai komputer . Sehelai lampiran, yang dapat memiliki beberapa blade server, menyediakan layanan seperti daya, pendinginan, jaringan, berbagai interkoneksi dan manajemen-meskipun berbeda penyedia pisau prinsip-prinsip yang berbeda sekitar apa yang akan disertakan dalam pisau itu sendiri (dan kadang-kadang dalam kandang sama sekali). Together, blades and the blade enclosure form the blade system . Bersama-sama, pisau cukur dan membentuk kandang sistem blade.
Dalam standar rak server-konfigurasi, 1RU (satu rak unit, 19 "[48 cm] lebar dan 1,75" [4,45 cm] tinggi) mendefinisikan ukuran mungkin minimum dari setiap peralatan. Manfaat utama dan pembenaran berhubungan dengan komputasi blade mengangkat pembatasan ini sebagai ukuran minimum persyaratan. Komputer yang paling umum rak-faktor bentuk adalah 42U tinggi, yang membatasi jumlah perangkat komputer diskrit langsung mountable di rak dengan 42 komponen. Blades tidak memiliki keterbatasan ini; Seperti tahun 2009 [update], kepadatan hingga 128 per rak server terpisah dapat dicapai dengan generasi sekarang sistem blade.

Server blade

Sebuah komputer modern (sebagai lawan teoretis mesin Turing) hanya memerlukan:
  • I / O (input / output) untuk membaca perintah dan data, dan memberikan hasil akhir
  • sebuah prosesor untuk melakukan perintah-perintah untuk memanipulasi data
  • memori (misalnya, RAM) untuk menyimpan hasil antara
Seperti tahun 2009 [update] (kontras dengan pertama untuk tujuan umum komputer) ini diimplementasikan sebagai komponen listrik yang membutuhkan (DC) kekuasaan, yang menghasilkan panas. Komponen lain seperti hard drive, power supplies, penyimpanan dan koneksi jaringan, antarmuka manusia perangkat keras (seperti keyboard, video, dan mouse), dll hanya mendukung fungsi komputasi dasar, namun menambahkan curah, dan memindahkan panas bagian yang lebih rentan terhadap kegagalan dari komponen solid-state.
Dalam prakteknya, sistem mengharuskan semua komponen ini jika sebuah komputer adalah untuk melakukan pekerjaan di dunia nyata. Dalam paradigma pisau, sebagian besar fungsi-fungsi ini akan dihapus dari komputer pisau, yang juga disediakan oleh pisau kandang (misalnya catu daya DC), virtualisasi (misalnya iSCSI storage, remote console over IP) atau dibuang seluruhnya (misalnya serial ports). Pisau itu sendiri menjadi jauh lebih sederhana, sehingga lebih kecil dan lebih murah untuk memproduksi (dalam teori).

Blade kandang

Kandang (atau casing) melakukan banyak dari non-inti layanan komputasi yang ditemukan di sebagian besar komputer. Non-sistem blade membutuhkan besar, panas dan ruang-komponen tidak efisien, dan mungkin duplikat ini di banyak komputer yang mungkin atau mungkin tidak berfungsi pada kapasitas. Dengan menempatkan layanan ini di satu tempat dan membaginya antara bilah komputer, pemanfaatan secara keseluruhan menjadi lebih efisien. Spesifikasi layanan yang diberikan dapat berbeda-beda oleh vendor.
HP BladeSystem c7000 enclosure (populated with 16 blades), with two 3U UPS units below. HP BladeSystem c7000 kandang (diisi dengan 16 baling), dengan dua unit UPS 3U di bawah ini.
Komputer beroperasi pada rentang tegangan DC, "vsk" tetapi memberikan kekuasaan sebagai utilitas AC, dan pada tegangan yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan dalam komputer. Untuk memastikan bahwa kegagalan salah satu sumber daya tidak mempengaruhi pengoperasian komputer, bahkan server entry-level memiliki redundant power supplies, sekali lagi menambah panas massal dan desain output.
Kandang pisau power supply menyediakan satu sumber daya untuk semua pisau dalam kandang. Sumber daya tunggal ini mungkin datang sebagai pasokan listrik di kandang atau sebagai terpisah yang didedikasikan PSU DC memasok ke beberapa kandang. Pengaturan ini akan mengurangi jumlah PSUs diperlukan untuk memberikan catu daya tahan.
Popularitas blade server, dan nafsu makan mereka sendiri demi kekuasaan, telah mengakibatkan peningkatan jumlah rack-mountable unit UPS, termasuk unit yang ditargetkan secara khusus terhadap server blade (seperti BladeUPS).

Cooling

Selama operasi, komponen listrik dan mekanik menghasilkan panas, yang harus menggantikan suatu sistem untuk menjamin berfungsinya komponen-komponennya. Kebanyakan blade lampiran, seperti kebanyakan sistem komputasi, menghilangkan panas dengan menggunakan kipas angin.
Yang sering meremehkan masalah ketika merancang kinerja tinggi sistem komputer melibatkan konflik antara jumlah panas menghasilkan suatu sistem dan kemampuan penggemarnya untuk menghapus panas. Pisau's berbagi kekuasaan dan pendinginan berarti bahwa hal itu tidak menghasilkan panas sebanyak server tradisional. Baru [update] blade-fitur desain kandang berkecepatan tinggi, disesuaikan penggemar dan kontrol logika yang menyesuaikan dengan sistem pendingin kebutuhan, atau bahkan sistem pendingin cair.
Pada saat yang sama, peningkatan kepadatan konfigurasi server blade masih bisa mengakibatkan tuntutan lebih tinggi untuk mendinginkan keseluruhan dengan rak penduduknya di lebih dari 50% penuh. Hal ini terutama berlaku dengan generasi awal pisau. Secara absolut, yang benar-benar dihuni rak server blade cenderung memerlukan lebih banyak kapasitas pendinginan dari penduduknya sepenuhnya rak server 1U standar. Hal ini karena salah satu dapat ditampung hingga 128 blade server di rak yang sama yang hanya akan memegang 42 1U rack mount server.

Jaringan

Produsen komputer semakin kapal produk mereka dengan kecepatan tinggi, antarmuka jaringan terpadu, dan sebagian besar dikembangkan untuk memungkinkan penambahan sambungan yang lebih cepat, lebih tahan dan menjalankan lebih dari media yang berbeda (tembaga dan serat). Ini mungkin memerlukan upaya rekayasa ekstra dalam perancangan dan pembuatan pisau, ruang mengkonsumsi baik dalam instalasi dan kapasitas untuk instalasi (slot ekspansi yang kosong) dan karenanya menghasilkan lebih banyak kerumitan. Berkecepatan tinggi memerlukan topologi jaringan mahal, berkecepatan tinggi sirkuit terpadu dan media, sementara kebanyakan komputer tidak memanfaatkan semua bandwidth yang tersedia.
Pisau kandang menyediakan satu atau lebih jaringan bus yang akan menghubungkan pisau, dan juga menyajikan port tersebut secara terpisah dalam satu lokasi (versus satu di setiap komputer chassis), atau agregat mereka menjadi lebih sedikit port, mengurangi biaya menghubungkan perangkat individu . Tersedia port mungkin ada dalam casing itu sendiri, atau dalam jaringan pisau.
Fungsional, sebuah pisau chassis dapat mempunyai dua jenis jaringan modul: switching atau pass-through.

Storage

Sementara komputer biasanya menggunakan hard disk untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi dan data, ini tidak selalu diperlukan secara lokal. Banyak metode koneksi penyimpanan (misalnya FireWire, SATA, E-SATA, SCSI, DAS, Fibre Channel dan iSCSI) dengan mudah bergerak di luar server, meskipun tidak semua digunakan dalam instalasi tingkat perusahaan. Mengimplementasikan antarmuka sambungan tersebut dalam komputer menyajikan tantangan yang sama dengan antarmuka jaringan (iSCSI memang berjalan melalui antarmuka jaringan), dan sama ini dapat dihilangkan dari pisau dan disajikan baik secara individu maupun kumpulan pada chassis atau melalui pisau lain.
Kemampuan untuk boot pisau dari storage area network (SAN) memungkinkan untuk disk yang sama sekali bebas pisau. Hal ini memungkinkan lebih banyak ruang untuk papan ditujukan untuk ekstra memori atau CPU tambahan.
Tergantung pada vendor, beberapa blade server mungkin menyertakan atau mengecualikan perangkat penyimpanan internal.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar