Selasa, 24 Oktober 2017

Pengendalian Perangkat Lunak dalam Audit SI

Pengendalian Perangkat Lunak 
Tujuan pengendalian aplikasi dimaksudkan untuk memastikan bahwa data di-input secara benar ke dalam aplikasi, diproses secara benar, dan terdapat pengendalian yang memadai atas output yang dihasilkan. Dalam audit terhadap aplikasi, biasanya, pemeriksaan atas pengendalian umum juga dilakukan mengingat pengendalian umum memiliki kontribusi terhadap efektifitas atas pengendalian-pengendalian aplikasi.
  • Pengendalian perangkat lunak didesain untuk memastikan keamanan dan kehandalan sistem
  • Pengendalian keamanan data
Pengendalian keamanan data merupakan suatu tindakan pengendalian untuk menjaga keamanan data yang tersimpan didalam media penyimpanan agar tidak hilang dan rusak, atau diakses oleh orang yang tidak berhak.

Contoh Pengendalian Perangkat Lunak :
- Misal sebuah perusahaan memiliki sebuah sistem aplikasi yang digunakan suatu divisi. Maka keamanan baik dari segi data dan akses ke sistem aplikasi tersebut harus benar-benar dijaga, agar tidak ada user lain selain dari divisi tersebut, yang bisa mengakses ke sistem aplikasi. Untuk itu perlu dibuat hak akses ke masing-masing user dengan password unik agar terhindar dari hacking, manipulasi data dan redundant data.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar