Kamis, 28 Januari 2016

TEORI ORGANISASI UMUM 2

Alam Sutera Ciptakan Hidup Yang Berkualitas ?




Siapa yang tidak tahu Alam Sutera saat ini ? masih ada kah diantara para pembaca yang tidak tahu ?
Jika masih ada berikut akan saya coba ceritakan apa atau siapa sih alam sutera ini.

Alam Sutera merupakan sebuah kawasan terpadu (mixed-use development) yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 800 hektar di wilayah Serpong – Tangerang. Kawasan yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994 lalu ini telah menjelma menjadi sebuah kota mandiri yang mapan, dinamis dan menjadi primadona di wilayah barat Jakarta.

Terdiri dari kawasan residensial serta area komersial yang terintegrasi dengan fasilitas pendukung lainnya, kawasan Alam Sutera menghadirkan sebuah kenyamanan, sekaligus kemudahan hidup yang sulit ditemui di kawasan lain. Berbagai fasilitas berkualitas premium mulai dari pendidikan, hiburan, kesehatan, hingga pusat perbelanjaan telah hadir dan kian melengkapi kawasan ini.

Hadirnya akses tol Alam Sutera di km 15 tol Jakarta-Merak, yang diluncurkan September 2009 membuat Alam Sutera menjadi lebih dekat dan mudah dijangkau dari Jakarta. Tak hanya itu, aksesibiltas yang baik tersebut juga mampu menyediakan manfaat baik dari aspek sosial maupun ekonomi bagi kawasan Alam Sutera dan sekitarnya.

Sebagai kawasan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan, seluruh proses perencanaan maupun pelaksanaan dalam pengembangan kawasan merupakan implementasi dari ecological planning method, di mana dalam setiap pengembangannya Alam Sutera selalu mengedepankan kondisi alam sekitar, meliputi faktor topografi, hidrologi, akses, hingga demografi. Melalui seluruh proses ini, Alam Sutera telah berhasil dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh warganya.

Terhitung hingga hari ini terdapat sekitar 32 (tiga puluh dua) cluster perumahan di Alam Sutera, masing-masing terdiri dari 150 hingga 300 unit rumah. Jumlah populasi pun tercatat sekitar 4.500 keluarga dan akan terus bertambah sesuai dengan perkembangan kawasan yang pesat.

Pesatnya pertumbuhan kawasan tersebut telah membuat Alam Sutera semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai pilihan dalam menciptakan hidup yang berkualitas. Alam Sutera percaya bahwa semua upaya pengembangan harus mengedepankan faktor lingkungan. Bagi Alam Sutera, faktor lingkungan bukan hanya sebatas strategi pemasaran melainkan sebuah komitmen yang harus konsisten dilaksanakan.

Nah, itu adalah gambaran bagaimana Alam Sutera saat ini. Lalu bagaimanakah sejarah berdiri nya Alam Sutera ini ?

PT Alam Sutera Realty Tbk (“Perusahaan”) sendiri didirikan pada tanggal 3 Nopember 1993 dengan nama PT Adhihutama Manunggal oleh Harjanto Tirtohadiguno beserta keluarga yang memfokuskan kegiatan usahanya di bidang properti. Perusahaan mengganti nama menjadi PT Alam Sutera Realty Tbk dengan akta tertanggal 19 September 2007 No. 71 dibuat oleh Misahardi Wilamarta, S.H., notaris di Jakarta. Pada 18 Desember 2007, Perusahaan menjadi perusahaan publik dengan melakukan penawaran umum di Bursa Efek Indonesia.

Setelah lebih dari 19 tahun sejak didirikan, Perusahaan telah menjadi pengembang properti terintegrasi yang memfokuskan kegiatan usahanya dalam pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, kawasan industri, dan juga pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan perhotelan (pengembangan kawasan terpadu).

Pada tahun 1994, Perusahaan mulai mengembangkan proyek pertama di sebuah kawasan terpadu bernama Alam Sutera yang terletak di Serpong, Tangerang. Pengembangan tahap pertama dari Alam Sutera sudah selesai dilakukan, dan saat ini Perusahaan memfokuskan untuk pengembangan tahap kedua yang lebih menitik beratkan kepada pembangunan area komersial. Seiring dengan pengembangan Alam Sutera tahap kedua, pada tahun 2012 Perusahaan juga memasarkan beberapa cluster baru di proyek Suvarna Padi Golf Estate, Pasar Kemis, Tangerang dan melakukan akuisisi atas beberapa aset di lokasi strategis di Bali dan gedung perkantoran di Jakarta.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah hubungannya antara Alam Sutera ini dengan Teori Organisasi umum ?
Seperti materi yang dibahas dalam modul minggu kedua tentang efisiensi, mari kita lihat apakah Alam Sutera ini sudah mencapai efisiensi nya selama hampir 23 tahun ini ?

Efisiensi sendiri adalah Perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input).

Berikut ini akan kita bahas apakah Alam Sutera sudah memenuhi syarat-syarat efisiensi ini :

1. Berhasil guna (Efektif)
    Efektif maksudnya adalah kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas.

    Dalam hal efektif tentu saja Alam Sutera sudah berhasil menghadirkan kawasan kota yang cukup mewah, dengan segala perlengkapan yang sudah dihadirkan dalam satu kawasan. Dengan demikian jumlah warga yang akan pergi keluar kawasan Alam Sutera akan lebih kecil dan hal itu akan berpengaruh terhadap kemacetan serta lebih menghemat pengeluaran sehari-hari karena segala hal yang dibutuhkan tentu sudah di sediakan oleh Alam Sutera. Dengan dihadirkannya banyak fasilitas tentu juga telah membantu menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru dengan demikian angka pengangguran akan berkurang.


2. Ekonomis
    Ekonomis yang dimaksud adalah dalam usaha pencapaian efektif maka biaya, tenaga kerja, material, peralatan, waktu, ruangan dan lain-lain telah digunakan dengan tepat sesuai dengan perencanaan sehingga tidak terjadi pemborosan, penyelewengan dan korupsi.

    Dalam syarat ekonomis, mungkin Alam Sutera belum bisa dikatakan demikian. Karena kawasan yang mengutamakan alam ini di bangun dengan metode ecological planning, dimana pembangunan yang dilakukan selalu mengutamakan kondisi alam agar warga alam sutra tetap dapat hidup seimbang dengan alam dan dapat dipastikan harga per-unit hunian nya hanya dapat dicapai oleh kalangan menengah ke atas. Tapi lain halnya dalam hal ekonomis kehidupan sehari-hari di Alam Sutera. Kenapa ? karena Alam Sutera sudah menyediakan berbagai perlengkapan di kawasannya jadi warga Alam Sutera tidak perlu repot-repot lagi keluar kawasan, karena segala hal yang dibutuhkan sudah dekat dengan rumah dan dengan demikian nilai ekonimis kehidupan sehari-hari saya rasa sudah terpenuhi.


3. Pelaksanaan kerja dapat dipertanggungjawabkan
    Yaitu ntuk membuktikan bahwa dalam pelaksanaan kerja benar-benar di buat se-objektif mungkin, mencerminkan fakta sesusungguhnya, dengan membuat report-report sebagai bukti pengeluaran yang telah dilakukan.

    Mungkin PT Alam Sutera Realty Tbk masih belum terbuka terkait hal-hal mengenai keuangan dan report-report pengeluarannya, tapi hasil kerja yang dapat dipertanggung jawabkan dapat kita lihat pada website www.alam-sutera.com dimana Alam Sutera sudah mengantongi banyak penghargaan sejak tahun 2009.


4. Pembagian kerja yang nyata
    Dalam pembagian kerja harus didasarkan pada kemampuan masing-masing individu yaitu benar-benar berdasarkan beban kerja, ukuran kemampuan kerja dan waktu yang tersedia.

     Dalam pembagian kerja, PT Alam Sutera Realty Tbk pasti sudah memiliki tenaga HR yang sudah menyaring setiap individu pekerja sesuai dengan kualifikasi dan jobdesk yang dibutuhkan.
 

5. Rasionalitas wewenang dan tanggung jawab
    Antara wewenang dan tanggung jawab harus terjadi keseimbangan, jangan sampai wewenang lebih besar atau sebaliknya.

    Terkait rasionalitas wewenang dan tanggung jawab ini memang saya tidak memiliki fakta yang dapat di pertanggung jawabkan. Tapi menurut saya pribadi setiap pembagian wewenang dan tanggung jawab pasti sudah dilakukan secara adil dan baik, karena kalau tidak, tidak mungkin Alam Sutera bisa meraih penghargaan Top 50 Best Companies (ranked 5th) - Best of the Best Awards 2014 Forbes Indonesia.   


6. Prosedur kerja yang praktis
    Untuk menegaskan bahwa O&M merupakan kegiatan praktis, maka target efektif dan ekonomis, pelaksanaan kerja dapat dipertanggungjawabkan serta pelayanan kerja yang memuaskan haruslah merupakan kegiatan-kegiatan operasional yang dapat dilaksanakan dengan lancar dan tidak hanya berhenti sebagai konsep-konsep teoritis di atas kertas saja O&M menunjukan kegiatan ilmiah dan praktis yang urutan tahap demi tahap mencerminkan asal pekerjaan, kemana akan diteruskan dan kapan selesainya.

    Dalam hal ini tentu PT Alam Sutera Realty Tbk sudah memberikan banyak fasilitas luar kawasan yang dibawa masuk dan di adaptasikan di dalam kawasan Alam Sutera, dengan demikian target efektif sudah dapat tercapai karena semua yang dibutuhkan warga Alam Sutera sudah tersedia. Untuk hal ekonomis seperti yang saya jabarkan diatas, mungkin untuk harga huniannya belum termasuk dalam kategori ekonomis tapi dalam hal kebutuhan sehari-hari saya rasa sudah bisa dikategorikan ekonomis, sedangkan dalam hal pelaksanaan kerja nya sendiri dapat kita lihat bahwa Alam Sutera sudah mengantongi banyak penghargaan yang saya rasa sudah cukup membuktikan kegiatan yang dilakukan tidak hanya sekedar teori saja.

Nah dari penjabaran di atas dapat kita lihat bahwa PT Alam Sutera Realty Tbk masih harus meningkatkan tingkat efisiensi nya. Berikut ini adalah 4 cara untuk meningkatkan efisiensi :
  1. Melaksanaan fungsi manajemen dengan tepat.
  2. Pemanfaatan sumber-sumber dengan tepat.
  3. Pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi sebagai alat mencapai tujuan.
  4. Pengarahan & Dinamika organisasi untuk pengembangan & kemajuan yang berkesinambungan.
Jadi dapat kita tarik kesimpulan PT Alam Sutera Realty Tbk. memang hadir untuk menciptakan hidup berkualitas, karena dalam satu kawasan sudah terdapat banyak fasilitas perlengkapan yang tidak perlu kita cari jauh-jauh keluar, tapi dengan kualitas itu sendiri ada harga yang harus kita bayar. Jadi hidup berkualitas belum tentu ekonomis.

 

Referensi :

PT Alam Sutera Realty Tbk.(2016) Tinjauan PT Alam Sutera Realty Tbk. [Online] Januari 2016. Link Website : http://www.alam-sutera.com/about-us/3/tinjauan [Diakses pada : 28 Januari 2016]

PT Alam Sutera Realty Tbk.(2016) Tentang Kami PT Alam Sutera Realty Tbk. [Online] Januari 2016. Link Website : http://www.alam-sutera.com/about-us/3/tinjauan [Diakses pada : 28 Januari 2016]

PT Alam Sutera Realty Tbk.(2016) Profil Perusahaan PT Alam Sutera Realty Tbk. [Online] Januari 2016. Link Website : http://www.alam-sutera.com/about-us/4/profil-perusahaan [Diakses pada : 28 Januari 2016]

PT Alam Sutera Realty Tbk.(2016) Penghargaan PT Alam Sutera Realty Tbk. [Online] Januari 2016. Link Website : http://www.alam-sutera.com/about-us/5/penghargaan [Diakses pada : 28 Januari 2016]


Share:

0 komentar:

Posting Komentar