Minggu, 18 Januari 2015

Masalah sosial yang berasal dari faktor psikologis



Masalah sosial bisa timbul oleh karena faktor psikologis, seperti kebingungan, disorganisasi, penyakit syaraf, aliran sesat dan sebagainya. Dikatakan demikian oleh karena faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan manusia atau warga masyarakat tidak mampu untuk berpikir dan bertindak secara wajar.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit cara yang dapat dilakukan untuk menghindari  masalah sosial yang disebabkan oleh penyakit sayraf dan aliran sesat.

Untuk cara menghindarinya sendiri ada berbagai macam. Contohnya untuk menghindari masalah sosial yang disebabkan oleh penyakit syaraf adalah dengan terus menjaga pola hidup yang sehat, senantiasa berprasangka baik agar hal-hal negatif tidak memenuhi pikiran yang akan menyebabkan penyakit bagi diri sendiri. Karena otak adalah center dari semua fungsi tubuh jadi apabila otak kita sehat dan dipenuhi dengan pemikiran positif maka tubuhpun akan ikut sehat begitu juga dengan syaraf-syarafnya.

Sedangkan cara untuk menghindari masalah sosial yang disebabkan oleh aliran sesat adalah dengan cara mempertebal iman dan keyakinan kita kepada tuhan. Misalnya dalam agama islam, kita bisa mengikuti pengajian-pengajian yang diadakan baik dalam lingkungan rukun tertangga ataupun yang sudah luas seperti kebanyakan pada jaman ini. Tapi dengan bergabungnya kita dengan pengajian tersebut bukan berarti kita menelan mentah-mentah informasi yang disampaikan oleh ulama/tokoh agama dalam pengajian tersebut. Maksudnya adalah kita perlu untuk memastikan apakah ajaran atau informasi-informasi yang disajikan oleh ulama/tokoh agama tersebut teradapat dalam al-qur’an ? Jika tidak maka sepatutnya kita harus menarik diri dari pengajian ini bahkan kalau perlu kita laporkan ke pihak yang berwenang agar dilakukan pengkajian terhadap pengajian tersebut agar semua ajaran yang di sampaikan sesuai dengan yang tertera pada al-qur’an dan tidak melenceng sedikitpun. Oleh karena itu sebagai manusia yang hidup di jaman yang modern ini kita patut untuk kritis dan cerdas dalam menghadapi segala macam masalah yang ada agar tidak mudah di pengaruhi oleh penjahat-penjahat yang semakin pintar di jaman ini.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran dari diri sendiri, lingkungan, tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah mempunyai bagian yang cukup besar untuk mengatasi setiap masalah sosial ini.



Sumber : https://wildanwajdirahman.wordpress.com/2013/11/03/masalah-sosial-yang-terjadi-di-masyarakat/

NAMA                        : ErlinaWidiya
NPM                : 1D114001
KELAS           : 1KA25
Share:

0 komentar:

Posting Komentar