Rabu, 22 Juli 2009

Kegiatan KBM Produktif Minggu ke-dua

Seperti biasa ..
Sebelum memulai kegiatan produktif, saya dan kawan-kawan berbaris di depan lab TI sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru produktif kami Bpk. Darmawan Rengganu ST.
Kemudian setelah berbaris kami memasuki lab jaringan untuk memulai kegiatan produktif ..
Lalu tak berapa lama setelah berdo'a, kami pun di beri pengarahan oleh guru kami tentang agenda hari ini ..
Daaan ...
Kami pun di beri masing-masing 6 connector RG-45 (candy) dan bergegas melaksanakan tugas yang telah diberikan secara perkelompok ..

Tapi betapa beruntungnya saya,
karena saya tinggal seorang diri didalam kelompok ..
sedangkan anggota yang lainnya sedang dinas di luar sekolah alias PKL ..
hehehehe ...


yaah walaupun berat,
tapi saya tetap berusaha dan pantang menyerah ..
hehehehe ...


kemudian hal pertama yang saya lakukan adalah ..
Merakit PC yang keadaannya belum sempurna, atau bisa di sebut juga bukan sebuah PC.
Karena di dalam CPU yang saya dapat masih belum memiliki CD-ROM, Hard Disk, Monitor, Mouse, dan Keyboard ..

Kemudian langkah pertama yang saya lakukan adalah merakit komponen dalam CPU, Lalu saya pun meminta CD-ROM kepada guru saya,
Setelah itu saya mulai memasang komponen-komponen PC yang lain ..

daaaan .......
setelah yakin komponen-komponen terpasang dengan baik dan benar, saya merekomendasikan lagi kepada guru saya tentang monitor yang saya butuhkan ..
lalu setelah mendapatkan monitor dan telah dipasang VGA nya, saya mencoba menghidupkan komputer, dan al hasil tidak ada yang terdeksi oleh komputer ..

kemudian saya mematikan komputer dan mencoba menghidupkan kembali dengan keadaan hanya CD-ROM nya saja yang terpasang, daaaan hasilnya CD-ROM bisa terdeteksi oleh komputer.
Lalu saya mencoba memasang Hard Disk nya saja dan hasilnya Hard Disk tetap tak terdeteksi ..
Kemudian saya menyimpulkan untuk mengganti kabel data yang saya gunakan.
tapi tetap saja Hard Disk dan CD-ROM yang terpasang tak terdeteksi.

Setelah banyak hal yang saya lakukan untuk membuat Hard Disk dan CD-ROM terdeteksi tidak berhasil, saya pun meminta petunjuk kepada sang Master Komputer ...
Bpk. Darmawan Rengganu ST.
hehehe ...


dan beliau berkata bahwa "Card I/O yang ada pada PC saya error" !!
beliau pun memberi instruksi kepada saya untuk menunda pekerjaan yang saya lakukan ..
Huuft ..
sebenernya cuii masih penasaran ...
tapi apa boleh dibuat ...
sang master telah memberi instruksi demikian ...
jadi saya tidak bisa melawan ....
hehehehehe ...........


Kemudian hal ke-dua yang saya lakukan adalah :
CRIMPING CABLE LAN (straight - straight)

Pertama-tama saya mencari kabel UTP yang nganggur di lab jaringan ..
setelah mendapat tiga utas kabel UTP yang dalam kondisi connector RG-45 telah terpasang, saya coba mengetesnya dengan tester kabel RG-45 ..
hempth ..

ada beberapa kabel yang RG-45 nya telah terpasang secara straight - straight ..
tetapi ada juga kabel yang terpasang secara cross - straight ...

kemudian saya mengcrimping ulang kabel yang saya dapat yang terpasang secara cross - straight ..
saya pun mengambil crimping tool yang banyak tergeletak di Lab. Jaringan ...
Lalu saya mulai crimping dengan memotong connector RG-45 yang terpasang secara cross ..
dengan susunan :
" putih orange,
" orange,
" putih hijau,
" biru,
" putih biru,
" hijau,
" putih coklat,
" coklat ..

abis itu,
setelah yakin kalo kabelnya dagh bener-bener masughhh ...
saya mulai kencangkan connector nya dengan crimping tool ...

kemudian saya mengetes dengan tester nya ..

dan alhamdulillah ...
baru pertama kali crimping saya sudah berhasil mencrimping dgn baik ...


huuuuuuuuuughhhh ...
pwokok nya ....
seruuuuu baauuuddtthhh .......
hehehehehe ....


hempth ..
sebenernya masiih ada tugas yang laen ..
yaitu SETTING IP Address ..

tapi berhubung kelompok saya belum mendapatkan SWITCH ..

saya hanya bisa melakukan kegiatan di atas ...


nyesel juga cuii ..

pii mao di apain giee ,,,



pokoknya belajar di TKJ super .. super .. seru dwegh ...


.. yes, yes TKJ ..

.. yes, yes TKJ ..

.. TKJ is the best ..

.. suksess .. sukseess yessss ....
.. lebih punya taste ..


heheheheehehe .....

Share:

0 komentar:

Posting Komentar